PROPOSAL INTERENSHIP

EFEKTIFITAS PENGELOLAHAN DANA DESA DALAM MENUNJANG KESEJATERAHAN MASYRAKAT DESA
(Studi di Kelurahan Pesangrahan Kota Batu)


Disusun Oleh

Yulianus Nardin        2015210082
Rupina Neri               2015210116
 Yoris                          2015210125


































PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
MALANG
2018


KATA PENGANTAR

Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat limpahan rahmatNya sehingga Penulis mampu menyusun Proposal Interenship yang berjudul “EFEKTIFITAS PENGELOLAHAN DANA DESA DALAM MENUNJANG KESEJATERAHAN MASYRAKAT DESA’’
Proposal ini disusun sebagai salah satu prasyarat untuk Interenship di Kelurahan pesangrahan Kota Batu. Kesempatan kali ini, Penulis ingin mengucapkan terima kasih atas sumbangsih yang telah diberikan dalam penyusunan proposal Interenship kepada:
1.  Ketua Program Studi ilmu Administrasi Negara Roro Merry Cornelia W. S.Pd., M.AP yang memberi arahan dan fasilitas terkait pelaksanaan Interenship.
2.  Dosen Pembimbing Lapangan Drs. Sugeng Rusmiwari M.Si yang memberi arahan terkait dengan Permohonan judul interenship.
3.  Teman-teman seperjuangan yang saling menyemangati dan berbagi informasi.
Demikian proposal ini disusun, semoga mampu memberikan gambaran kegiatan magang yang akan Penulis laksanakan dan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan. Besar harapan Penulis bisa diberikan kesempatan bergabung dengan instansi pemerintahan kelurahan Pesangrahan Kota Batu untuk memberikan kontribusi nyata sesuai dengan disiplin ilmu yang Penulis miliki.

Malang, 02 Juni 2018


                                                            Penulis






DAFTAR ISI

Cover
Kata Pengantar.................................................................................................   i
Daftar Isi..........................................................................................................   ii
Ringkasan Proposal..........................................................................................  iii

I. Lokasi Interenshi...........................................................................................  1
II. Latar Belakang............................................................................................   1
III. Tujuan Interenship........................................................................................4
1. Tujuan Umum..........................................................................................4
2. Tujuan Khusus.........................................................................................4
IV. Manfaat Interenship..................................................................................   5
  1. Bagi Instansi...........................................................................................5
  2. Bagi Mahasiswa......................................................................................5
  3. Bagi Lembaga Perguruan Tinggi............................................................5
V. Penyelenggara Interenship...........................................................................  6
VI. Waktu dan Jadwal Interenship..................................................................   6
VII. Pelaksana Interenship................................................................................  6
VIII. Penutup...................................................................................................   7











RINGKASAN PROPOSAL

Judul Kegiatan
‘’Efektifitas Pengelolahan Dana Desa Dalam Menunjang Kesejaterahan    Masyrakat Desa (Studi Di Kelurahan Pesangrahan Kota Batu)’’

Pelaksanaan Kegiatan
                        Tempat            :  Kelurahan Pesangrahan Kota Batu
Jl
Waktu             : 01-31 Agustus 2018
Ketua pelaksana kegiatan
Nama               : Yulianus Nardin
NIM                : 2015210082
Anggota Pelaksana Kegiatan 
Nama               : Rupina Neri
NIM                : 2015210116
Anggota Pelaksana Kegiatan
Nama               : Yoris
NIM                : 2015210125

Malang, 02 Juni 2018
                                                                                       Ketua Kelompok


                                                                                      Yulianus Nardin
                                                                                           NIM : 2015210082




I.   Lokasi Interenship
                 Kelurahan Pesangrahan Kota Batu
II. Latar Belakang
Interenship (Magang) merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa Strata 1 dalam masa studinya. Sejalan dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan yang semakin maju pesat, khususnya di bidang administrasi Negara, maka mahasiswa dituntut untuk bekerja mandiri dan mempunyai suatu keahlian atau keterampilan agar mampu bersaing dalam dunia kerja. Diadakannya program Interenship diharapkan dapat melatih mahasiswa untuk bekerja mandiri dan belajar dari realita yang ada dalam masyarakat serta dapat menambah wawasan mahasiswa. Kegiatan Interenship pada dasarnya adalah untuk membandingkan antara teori yang diterima di perkuliahan dan kenyataan yang terjadi di lapangan. Dalam mengimplementasikan suatu teori juga diperlukan kemampuan untuk bercakap. Hal ini berfungsi agar dalam penyampaian suatu teori ke dalam praktek dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Berdasarkan undang-undang nomor 12 di tahun 2012 tentang pendidikan tinggi terutama dalam pasal 18 ayat (2)  adalah Program sarjana sebagaimana dimaksud menyiapkan Mahasiswa menjadi intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional. Kemudian, berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan non-formal diperlukan untuk mendukung pendidikan formal. Pendidikan non-formal itu sendiri dapat job training. Di sini, mahasiswa menggunakan teori, pengetahuan dan juga keterampilan dari proses pembelajaran universitas kemudian diterapkan dalam pelatihan kerja.
Program studi Ilmu Administrasi Negara dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang siap pakai dan yang ahli dibidangnya serta tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni maupun masalah yang dihadapi khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dibidang keahliannya.
Pada kenyataannya, dewasa ini sering dijumpai seorang lulusan baru dari perguruan tinggi yang mengalami kesulitan dalam menghadapi kenyataan di lapangan. Hal ini disebabkan karena kurang siapnya lulusan tersebut dengan kenyataan di lapangan yang ternyata jauh berbeda dengan apa yang didapat di bangku perkuliahan.
Melihat dari fenomena ini kami sebagai mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu politik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, tentunya tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Untuk itu, kami bermaksud mengenal dunia kerja sebelum benar-benar terjun langsung ke dalam dunia kerja tersebut yang sesungguhnya. Interenship ini merupakan alternatif yang kami pilih untuk memenuhi tujuan tersebut dan kami berharap dengan Interenship ini kami dapat menambah pengetahuan tentang dunia kerja yang sesungguhnya.
Sesuai dengan judul yang akan kami angkat yaitu “EFEKTIFITAS PENGELOLAHAN DANA DESA DALAM MENUNJANG KESEJATERAHAN MASYRAKAT DESA” ( Studi di kelurahan Pesangrahan Kota Batu). Menurut UU No. 6 Tahun 2014, desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dan Desa juga turut andil dalam mengelolah Dana Desa secara mandiri untuk kesejaterahan masyrakatnya Kata pengelolaan dapat disamakan dengan manajemen, yang berarti pula pengaturan atau pengurusan (Arikunto, 1993: 1). Dengan demikian Pengelolaan dana Desa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengelolaan keuangan desa dalam APBDesa oleh Karena itu, dalam pengelolaan keuangan dana desa harus memenuhi prinsip pengelolaan alokasi dana dalam (Lapananda, 2016 ) sebagai berikut :
1. Seluruh kegiatan yang didanai oleh dana desa direncanakan, dilaksanakan dan   dievaluasi secara terbuka dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat.
2. Seluruh kegiatan harus dapat dipertanggungjawabkan secara administrative, teknis, dan hukum.
3. Dana desa dilaksanakan dengan menggunakan prinsip hemat, terarah dan terkendali.
4. Jenis kegiatan yang akan dibiayai melalui dana desa sangat terbuka untuk meningkatkan sarana pelayanan masyarakat berupa pemenuhan kebutuhan dasar, penguatan kelembagaan desa dan kegiatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat desa melalui musyawarah desa Dana desa harus dicatat dalam anggaran pendapatan dan belanja desa
            III. Tujuan Interenship
Pelaksanaan kegiatan Interenship ini dimaksudkan untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya bagi semua pihak, baik bagi kami, lembaga perguruan tinggi, maupun bagi pihak instansi selaku obyek pelaksanaan dari kegiatan ini, adapun tujuan yang ingin kami capai tersebut adalah :

1. Tujuan Umum
Untuk menambah wawasan, dengan melaksanakan Magang ini mahasiswa diharapkan mendapatkan gambaran kerja yang sesungguhnya dan juga mendapatkan pengalaman yang selama ini belum dapat diperoleh selama di bangku perkuliahan.
 2. Tujuan Khusus
a. Sebagai wahana untuk mengaplikasikan teori dan ketrampilan praktis    yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan ke dalam praktek di dunia kerja yang sesungguhnya.
b. Sebagai sarana untuk membandingkan antara teori yang pernah diperoleh dengan praktek kerja yang sesungguhnya, apakah teori yang telah diterima di bangku perkuliahan telah sesuai dengan penerapannya, dan untuk mengetahui apakah kurikulum yang diberikan telah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja pada saat sekarang ini.
c. Untuk dijadikan sebagai bekal dalam mempersiapkan diri terjun ke   dalam masyarakat dan dunia usaha yang sesungguhnya.
d. Untuk menambah wawasan praktis yang terdapat pada instansi terkait sehingga mahasiswa mendapat gambaran realita kerja yang sesungguhnya.



IV. Manfaat Interenship
      Adapun manfaat kegiatan Interenship adalah sebagai berikut:

1. Bagi Instansi
a. Sebagai salah satu sarana penghubung antara pihak instansi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
b. Dapat melaksanakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial kepada masyarakat.

2. Bagi Mahasiswa
a. Untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan.
b. Dapat menguji kemampuan pribadi dalam berkreasi pada ilmu yang dimiliki serta dalam tata cara hubungan dengan masyarakat di lingkungan kerja.
c. Dapat mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dalam dunia kerja di masa yang akan datang.
d. Sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman kerja guna meningkatkan kemampuan diri.
e. Untuk menciptakan pola pikir yang lebih maju dalam menghadapi berbagai permasalahan.

3. Bagi Lembaga Perguruan Tinggi
a. Sebagai bahan evaluasi atas laporan hasil Interenship yang dilakukan oleh mahasiswa untuk penyesuaian kurikulum di masa yang akan datang agar menjadi lebih baik.
b. Sebagai sarana pengenalan instansi pendidikan Program Studi Ilmu Administrasi Negara kepada badan usaha yang membutuhkan lulusan atau tenaga kerja yang dihasilkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
c. Sebagai media untuk menjalin hubungan kerja dengan instansi yang dijadikan sebagai tempat Interenship.
d. Sebagai tolak ukur kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan.

V. Penyelenggaraan Interenship
Kegiatan Interenship ini dilaksanakan atas kerja sama antara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Tribhuwana Tunggadewi dengan Kelurahan Pesangrahan Kota Batu
VI. Waktu Dan Jadwal Interenship
Kegiatan Interenship ini dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan sesuai dengan ketentuan pihak Prodi Ilmu administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, yang akan dimulai pada tanggal 01 Agustus 2018
Mengenai jangka waktu dan jam kerja Interenship juga sesuai dengan ketentuan dan kebijaksanaan dari pihak instansi yang bersangkutan.
VII. Pelaksana Interenship
 Pelaksana Interenship

Nama                                 : Yulianus Nardin
NIM                                  : 2015210082
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                             : Ilmu Sosial dan Politik
Perguruan Tinggi               : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
No HP                               : 081233538142




Nama                                 : Rupina Neri
NIM                                  : 2015210116
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                             : Ilmu Sosial dan Politik
Perguruan Tinggi               : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
No HP                               : 082351819729

Nama                                 : Yoris
NIM                                  : 2015210125
Program Studi                   : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                             : Ilmu Sosial dan Politik
Perguruan Tinggi               : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
No HP                               :


VIII.       Penutup
Kegiatan Interenship yang kami laksanakan ini merupakan salah satu program akademik pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara dengan maksud agar mahasiswa dapat mengaplikasikan materi-materi yang telah diperoleh selama perkuliahan sesuai dengan kemampuannya dan selain itu mahasiswa juga dapat mengetahui kondisi dunia kerja secara nyata. Demikianlah proposal ini kami susun sebagai acuan dalam melaksanakan kerja praktek/interenship. Besar harapan kami, pihak Kelurahan Pesangrahan Kota Batu Selaku Lokasi interenship dapat menerima dan menyetujui pengajuan proposal ini, dan untuk membantu memberikan tempat yang sesuai dengan dispilin ilmu dan keterampilan kami. Kami juga berharap pihak instansi berkenan untuk memberikan bimbingan selama kami melaksanakan Interenship, sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan interenship ini dengan sebaik-baiknya dan dapat mencapai maksud serta tujuan dari kegiatan interenship ini, sehingga dapat memberikan output yang bermanfaat bagi semua pihak. Demikian harapan kami, atas perhatian dari pihak Kelurahan Pesangrahan Kota Batu, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.




Komentar

Postingan Populer